SOAL FINAL TES
PROGRAM PASCA SARJANA (S2) IAIN ANTASARI
Matakuliah : EVALUASI PENDIDIKAN
Prodi/Kelas : PAI/ Khusus
Th Akademik./Semster : 2014/2015/ Ganjil
Dosen Pengasuh : Dr. Hj. Nuril Huda, M.Pd.
Hari/Tanggal : Kamis, 11 Desember 2014
1. Seorang guru akan melakukan evaluasi pendidikan kepada para
siswanya. Apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya? Jelaskan lengkap
dengan contoh konkrit ! (skor = 15)
2. Sekolah/Madrasah yang bermutu harus melaksanakan evaluasi
pendidikan. Jelaskan mengapa hal tersebut dilakukan dan apa makna nya bagi
siswa, guru dan sekolah ? skor=15)
3. Seorang peserta didik di tes dengan 50 soal dalam bentuk tes objektif. Soal tes
terdiri atas: I. Bentuk pilihan ganda
30. II. Bentuk menjodohkan 15. III. Bentuk isian 5 soal dengan setiap nomor
satu jawaban. Ali dapat menjawab soal
tersebut sebagai berikut:
Untuk
I soal pilihan ganda 25 betul ; 5 salah.
Untuk II soal menjodohkan 12 betul;
salah 3
Untuk III soal isian betul 3; salah
2.
Hitunglah berapa skor Ali dengan
tidak menggunakan rumus tebakan. Selanjutnya
hitunglah berapa skor total
dan nilai raport yang diperoleh
Ali. (skor 20)
4. Tes sebagai instrumen
evaluasi harus memenuhi kriteria
validitas dan reliabilitas yang baik. Hitunglah validitas dari tes 1 dan tes 2,
dan reliabilitas dari hasil tes ganjil genap berikut ini, dan berikan komentar
anda terhadap hasil perhitungan tersebut ! (skor=25)
Tes 1 = 8.6.7.6.5.8.7.8.9.7.8.7.8.7.6.8.8.9.6.7
Tes 2 = 6.5.7.6.8.8.7.9.7.8.8.7.6.7.8.6.6.8.7.7
No.Genap ( 2 dan 4)
|
No.Ganjil
( 1,3,5)
|
|||
5
|
8
|
7
|
6
|
7
|
6
|
8
|
5
|
7
|
8
|
6
|
6
|
8
|
8
|
6
|
8
|
7
|
8
|
7
|
5
|
7
|
5
|
7
|
9
|
7
|
9
|
6
|
6
|
5
|
6
|
7
|
7
|
6
|
6
|
8
|
6
|
7
|
9
|
8
|
6
|
6
|
6
|
7
|
7
|
7
|
7
|
9
|
8
|
6
|
7
|
8
|
8
|
9
|
6
|
5
|
7
|
7
|
8
|
7
|
6
|
5. Seorang guru membuat tes
mata pelajaran PAI untuk mengisi nilai raport. Bagaimana cara guru
tersebut mengetahui kualitas tes yang dibuat dari segi tingkat kesukaran, daya
beda, dan analisis pengecoh. Jelaskan lengkap dengan contoh ! (skor 25)
Posting Komentar