0
Pendidikan Agama Islam
1.    Pengertian Pendidikan Agama Islam
       Pendidikan berasal dari kata “didik”, kata ini mendapat awalan me sehingga menjadimendidik,artinya memelihara dan memberI latihan (ajaran, pimpinan) mengenai akhlak  dan kecerdasan pikiran.
            Ada beberapa pengertian pedidikan menurut para ahli pendidikan,yang dikutip oleh Abu Ahmadi dan Nur Uhbiati diantaranya yaitu:
a.    Jhon Dewai
Pendidikan adalah Proses pembentukan kecakapan-kecakapan fundamental secara intelektual dan emosional kearah alam dan sesama.
b.    SA. Bratanata dkk.
Pendidkan adalah usaha yang sengaja diadakan baik langsung maupun dengan cara tidak langsung untuk membantu anak dalam perkembangannya mencapai kedewasaannya.
c.    Rousseau
Pendidikan adalah memberi kita perbekalan yang tidak ada pada masa anak-anak, akan tetapi kita membutuhkan pada waktu dewasa[1].
d.  UUSPNNo.20 tahun 2003
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran  agar peserta didik secara aktif mampu mengembangkan segala potensinya berupa kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian,  kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara[2].

Agama dalam kamus bahasa Indonesia mengatakan bahwa “prinsip kepercayaan kepada Tuhan kepada aturan syariat tertentu[3]”.  Sedangkan Islam menurut Nuh uhbiati dalam bukunya ilmu pendidikan Islam menyatakan:“Agama adalah wahyu yang di turunkan oleh Allah dengan tujuan untuk mensejahterakan dan membahagiakan hidup dan kehidupan umat manusia di dunia dan di akhirat”[4].
            Adapun pendapat beberapa para ahli mengenai pendidikan agama Islam yang dikutip Abu Ahmadi dan Nur Uhbiati sebagai berikut:
a.    Ahmad D. Marimba
Pendidikan Islam adalah bimbingan jasmani dan rohani berdasarkan hukum-hukum agama Islam menuju terbentuknya kepribadian utama menurut ukuran-ukuran Islam
b.    Burlian somad
Suatu pendidikan dinamakan pendidikan Islam jika pendidikan itu bertujuan membentuk individu menjadi bercorak diri berderajat tinggi menurut ukuran Allah dan isi pendidikannya untuk mewujudkan tujuan adalah ajaran allah”
c.    Usman Said
Pendidikan agama Islam ialah segala usaha untuk membentuknya atau membimbing/menuntun rohani jasmani seseorang menurut ajaran Islam[5]

            Dari pendapat di simpulkan bahwa pendidikan agama Islam adalah segala usaha untuk membentuk kepribadian yang sesuai dengan ajaran Islam melalui bimbingan atau menuntun rohani jasmani.(PENDAPAT SARMANI) 




[1]Abu Ahmadi dan Nur Uhbiati, Ilmu Pendidikan, op.cit.Cet. ke-2, h. 69.
[2]Sistem Pendidikan Nasional  No. 20 Tahun 2003,op.cit,  h. 2.
[3] Sulkan Yasin dan Sunarto Hapyoso, Kamus Bahasa Indonesia Praktis Populer dan Kosa Kata Baru, op.cit., h. 13.
[4] Nur Uhbiati, Ilmu Pendidikan Islam, (Bandung: Pustaka Setia, 1999)., h. 15.
[5] Ibid.

Posting Komentar

 
Top