0
DISAJIKAN OLEH: Drs. Kartani

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Keberhasilan muhammad dalam membangun peradaban dunia dankemudian ditambah lagi dengan kegemilangan generasi para sahabat yangmewariskan sistem dan nilai luhur saat tampil memegang tongkat kepemimpinan setelahnya merupakan torehan sejarah yang layak dicatat dengan tinta emas.
Khulafaur Rasyidin adalah bukti dari suksesnya pewarisan sistem dan nilai tersebut, wafatnya nabi tidak serta-merta menjadikan islam kehilanganmercusuar peradabannya karena memang risalah ilahiyah ini tidak pernahbergantung  pada  satu namapun.
Ditangan empat khalifah yang pertama inilah islam telah mencapai puncak kejayaannya. Sebuah prestasi yang belum berulang dua kali sampai hari ini.hingga suatu hari datang dan merebaknya fitnah yang disulut oleh kedengkian musuh-musuh islam.
B. Tujuan
Berikut ini adalah beberapa tema sederhana yang berkaitan langsung dengan sejarah kepemimpinan dua khalifah terakhir  yakni Utsman bin ‘Affan.
Kami ketengahkan ini agar menjadi daya rangsang guna menggali dan mengkaji makna kebijakan dari pejalanan kepemimpinan beliau berdua.Sehingga, siapapun akan bisa mereguknya untuk kemudian diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi sejarah yang kita selami ini adalah tapak perjalanan dua pribadi agung yang langsung berinteraksi dengan rasulullah. Mereka adalah orang-orang yang pertama sekali merasakan manisnya cucuran hidayah dan kemudian  berbuah  prilaku  yang  baik  dan  elegan.

BAB II
PERADAPAN ISLAM PADA PERIODE KHALIFAH USTMAN BIN AFFAN

A. Sejarah khalifah Usman Bin Affan
1. Utsman Bin Affan Sebelum Masuk Islam
Usman bin affan bin Abil Umaiyah bin Abdussyama bin Abdimanaf bin Qushai bin Kilab bin Murrah bin Ka’ab luai bin Ghalib Al Qurasyi Al Umawy.
Utsman bin Affan adalah sahabat nabi dan juga khalifah ketiga dalam Khula-
faur Rasyidin. Beliau dikenal sebagai pedagang kaya raya danekonomi yang handal namun sangat dermawan. Banyak bantuan ekonomi yang diberikannya kepada umat Islam di awal dakwah Islam. Ia mendapat julukan Dzunnurain yang berarti yang memiliki dua cahaya. Julukan inididapat karena Utsman telah menikahi puteri kedua dan ketiga dari RasullahSaw yaitu Ruqayah dan Ummu Kaltsum.
Usman bin Affan lahir pada 574 Masehi dari golongan Bani Umayyah.Nama ibu beliau adalah Arwa binti Kuriz bin Rabiah. Beliau masuk Islam atasajakan Abu Bakar dan termasuk golongan Assabiqunal Awwalun (golonganyang pertama-tama masuk Islam). Rasulullah Saw sendiri menggambarkanUtsman bin Affan sebagai pribadi yang paling jujur dan rendah hati diantarakaum muslimin. Diriwayatkan oleh Imam Muslim bahwa Aisyah bertanyakepada Rasulullah Saw, ‘Abu Bakar masuk tapi engkau biasa saja dan tidak memberi perhatian khusus, lalu Umar masuk engkau pun biasa saja dantidak memberi perhatian khusus. Akan tetapi ketika Utsman masuk engkauterus duduk dan membetulkan pakaian, mengapa?’ Rasullullah menjawab,“Apakah aku tidak malu terhadap orang yang malaikat saja malukepadanya?”
2.Utsman Memeluk Islam
Masuknya utsman kedalam islam berawal dari sebuah suara dalam mimpinya di bawah rindang pohon antara maan dan azzarqa yang me-nyarankan agar beliau segera kembali ke mekkah sebab orang yang bernama Muhammad telah muncul membawa ajaran baru yang kelak akan merubah dunia sebagai utusan tuhan.
Setelah terbangun  dari  mimpinya  beliau bergegas kembali  ke mekkah  dan menanya-kan hal ihwal ataupun makna yang tersimpan dari Kejadian yang menimpa-nya. Kemudian beliau bertemu dengan Abu bakar dan mengajaknya 
untuk mengikuti langkahnya yang lebih dahulu memeluk islam.Lalu menghadap-lah keduanya kepada rasulullah untuk menyatakankeislamannya.
Sungguh tak terbilang pengorbanannya terhadap islam, tak terbatas pada hartanya saja yang selalu dibelanjakan di jalan Allah nyawanya punteramat sering terancam dengan berbagai pengucilan dan penyiksaan darikerabat dan pemuka Quraisy ketika mereka tahu keislamannya. Di sisi lainAllah serta rasulnya begitu mencintainya sehingga pernah satu riwayatdisebutkan bahwa beliau adalah salah satu penghuni syurga yang akanmenemani rasul kelak.
3.Utsman Menjadi Khalifah
Pembai’atan Utsman sebagai khalifah berdasar kesepakatan enam orang sahabat termasuk dirinya yang telah ditunjuk langsung oleh Umar ibn Khattab untuk menjadi penggantinya yang akan melanjutkan kepemimpinandan perjuangannya dalam menye-barkan islam ke penjuru dunia. Dari masa inilah awal pengangkatan seorang khalifah secara demokratis dengan jalan musyawarah yang diwakili oleh keenam orang sahabat sepanjang sejarahmanusia.
B. Pristiwa Yang Terjadi Pada Kekhalifahan Usman Bin Affan Dalam Memperluas Islam.
1.Perluasan Wilayah Islam
Setelah Khalifah Umar bin Khattab berpulang ke rahmatullah terdapat daerah-daerah yang membelot terhadap pemerintah Islam. Pembelotan tersebut ditimbulkan oleh pendukung-pendukung pemerintahan yang lama atau dengan perkataan lain pamong praja dari pemerintahan lama (pemerin -tahan sebelum daerah itu masuk ke daerah kekuasaan Islam) ingin hendak mengem-balikan kekuasaannya. Sebagaimana yang dilakukan oleh kaisar Yazdigard yang berusaha menghasut kembali masyarakat Persia agar melakukan perlawanan terhadap penguasa Islam. Akan tetapi dengan kekuatannya, pemerintahan Islam berhasil memusnahkan gerakanpemberontakan sekaligus melanjutkan perluasan ke negeri-negeri Persia lainnya, sehingga 
4
beberapa kota besar seperti Hisrof, Kabul, Gasna, Balkhan Turkistan jatuh menjadi wilayah kekuasaan Islam.
Adapun daerah-daerah lain yang melakukan Pembelotan terhadap pemerintahan Islam adalah Khurosan dan Iskandariyah. Khalifah Utsman mengutus Sa’ad bin al-Ash bersama Khuzaifah Ibnu al-Yamaan serta beberapa sahabat Nabi lainnya pergi ke negeri Khurosan dan sampai di Thabristan dan terjadi peperangan hebat, sehingga penduduk mengaku kalah dan meminta damai. Tahun 30 H/ 650 M pasukan Muslim berhasil menguasai  Khurazan.
Adapun tentang Iskandariyah, bermula dari kedatangan kaisar 
Konstan II dari Roma Timur atau Bizantium yang menyerang Iskandariyah dengan mendadak, sehingga pasukan Islam tidak dapat menguasai serangan. Panglima Abdullah bin Abi Sarroh yang menjadi wali di daerahtersebut meminta pada Khalifah Utsman untuk mengangkat kembali panglima Amru bin ‘Ash yang telah diberhentikan untuk menangani masalah di Iskan-dariyah.  Abdullah bin Abi Sarroh memandang panglima Amru bin‘Ash lebih cakap dalam memimpin perang dan namanya sangat diseganioleh pikak lawan. Permohonan tersebut dikabulkan, setelah itu terjadilah perpecahan dan menyebabkan  tewasnya  panglima  di pihak  lawan.
Selain itu, Khalifah Ustman bin Affan juga mengutus Salman Robiah Al-Baini untuk berdakwah ke Armenia. Ia berhasil mengajak kerjasama penduduk Armenia, bagi yang menentang dan memerangi terpaksa dipatah-kan dan kaum muslimin dapat menguasai Armenia. Perluasan Islam memasuki Tunisia (Afrika Utara) dipimpin oleh Abdullah bin Sa‘ad bin Abi Zarrah. Tunisia sebelum kedatangan pasukan Islam sudah lama dikuasai Romawi. Tidak hanya itu saja pada saat Syiria bergubernurkan Muawiyah, ia berhasil menguasai  Asia  kecil  dan  Cyprus. Dimasa pemerintahan Utsman, negeri-negeri yang telah masuk kedalam kekuasaan Islam antara lain: Barqoh, Tripoli Barat, sebagian Selatan negeri Nubah, Armenia dan beberapa bagian Thabaristan bahkan tentaraIslam telah melampaui sungai Jihun (Amu Daria), negeri Balkh (Baktria),Hara, Kabul dan Gzaznah di Turkistan.
Jadi Enam tahun pertama pemerintahan Ustman bin Affan ditandai dengan perluasan kekuasaan Islam. Perluasan dan perkembangan Islam pada masa pemerintahannya telah sampai pada seluruh daerah Persia,Tebristan, Azerbizan dan Armenia selanjutnya meluas pada Asia kecil dannegeri Cyprus. Atas perlindungan pasukan Islam, masyarakat Asia kecil danCyprus bersedia menyerahkan upeti sebagaimana yang mereka lakukansebelumnya pada masa kekuasaan Romawi atas wilayah tersebut.
2.Pembentukan Armada Laut Islam Pertama
Pembangunan angkatan laut bermula dari adanya rencana KhalifahUstman untuk mengirim pasukan ke Afrika, Mesir, Cyprus dan KonstatinopelCyprus. Untuk sampai ke daerah tersebut harus melalui lautan. Oleh karenaitu atas dasar usul Guber-nur di daerah, Ustman pun menyetujuipembentukan armada laut yang dilengkapi dengan personil dan sarana yang memadai.
Pada saat itu, Mu’awiyah, Gubernur di Syiria harus mengha-dapi serangan-serangan Angkatan Laut Romawi di daerah-daerah pesisir provinsinya. Untuk itu, ia mengajukan permohonan kepada Khalifah Utsman untuk membangun angkatan laut dan dikabulkan oleh Khalifah. Sejak itu Muawiyah berhasil menyerbu Romawi.
Mengenai pembangunan armada itu sendiri, Muawiyah tidaklah membutuhkan tenaga asing sepenuhnya, karena bangsa Kopti, Begitupun juga penduduk pantai Levant yang berdarah Punikia itu, ramai-ramai menyediakan dirinya untuk membuat dan memperkuat armada tersebut.Itulah pembangunan armada yang pertama dalam sejarah Dunia Islam.
Selain itu, Keberangkatan pasukan ke Cyprus yang melalui lautan, juga mendesak ummat Islam agar membangun armada angkatan laut. Padasaat itu, pasukan di pimpin oleh Abdullah bin Qusay Al-Harisy yang ditunjuksebagai Amirul Bahr atau panglima Angkatan Laut. Istilah ini kemudiandiganti menjadi Admiral atau Laksamana. Ketika sampai di Amuria danCyprus pasukan Islam mendapat perlawanan yang sengit, tetapi semuanyadapat diatasi hingga sampai di kota Konstatinopel dapat dikuasai pula.
Di samping itu, serangan yang dilakukan oleh bangsa Romawi ke Mesir melalui laut juga memaksa ummat Islam agar segara men-dirikan angkatan laut. Bahkan pada tahun 646 M, bangsa Romawi telah menduduki Alexandria dengan penyerangan dari laut. Penyerangan itu mengakibatkan jatuhya Mesir ke tangan kekuasan bangsa Romawi. Atas perintah Khalifah Ustman, Amr bin Ash dapat mengalahkan bala tentara bangsa Romawidengan armada laut yang besar pada tahun 651 M di Mesir.
Berawal dari sinilah Khalifah Ustman bin Affan perlu diingat sebagaiKhalifah pertama kali yang mempunyai angkatan laut yang cukup tangguh dan dapat  membahayakan  kekuatan  lawan.
3.Kodifikasi Al – Qur’an
Penyebaran Islam bertambah luas dan para Qori‘ pun tersebar di berbagai daerah, sehinga perbedaan bacaan pun terjadi yang diakibatkan berbedanya qiro‘at dari qori‘ yang sampai pada mereka. Sebagian orang Muslim merasa puas karena perbedaan tersebut disandarkan pada Rasullullah SAW. Tetapi keadaan demikian bukan berarti tidak menimbulkan keraguan kepada generasi berikutnya yang tidak secara langsung bertemu Rasullullah.
Ketika terjadi perang di Armenia dan Azarbaijan dengan penduduk Irak, diantara orang yang ikut menyerbu kedua tempat tersebut adalahHudzaifah bin Aliaman. Ia melihat banyak perbedaan dalam cara membaca Al-Qur‘an. Sebagian bacaan itu tercampur dengan kesalahan tetapi masing-masing ber-bekal dan mempertahankan bacaannya. Bahkan mereka saling mengkafirkan. Melihat hal tersebut beliau melaporkannya kepada KhalifahUstman. Para sahabat amat khawatir kalau perbedaan tersebut akan membawa perpecahan dan penyimpangan pada kaum muslimin. Mereka sepakat menyalin lembaran pertama yang telah di lakukan oleh Khalifah Abu Bakar yang disimpan oleh istri Rasulullah, Siti Hafsah dan menyatukan umatIslam dengan satu bacaan yang tetap pada satu huruf (Khalil al-Qathan,1992:192).
Selanjutnya Ustman mengirim surat pada Hafsah yang isinyakirimkanlah pada kami lembaran-lembaran yang bertuliskan Al-Qur‘an, kami akan 
7
menyalinnya dalam bentuk mushhaf dan setelah selesai akan kami kembalikan kepada anda. Kemudian Hafsah mengirimkannya kepada Ustman. Ustman memerintahkan para sahabat yang antara lain: Zaid IbnTsabit, Abdullah Ibn Zubair, Sa‘ad Ibn Al-‘Ash dan Abdurahman Ibnu Harist Ibn Hisyam, untuk menyalin mushhaf yang telah dipinjam. Khalifah Ustman berpesan kepada kaum Quraisy bila anda berbeda pendapat tentang hal Al-Qur‘an maka tulislah dengan ucapan lisan Quraisy karena Al-Qur‘anditurunkan di kaum Quraisy. Setelah mereka menyalin ke dalam beberapa mushhaf Khalifah Ustman mengembalikan lembaran mushhaf asli kepadaHafsah. Selanjutnya ia menyebarkan mushhaf yang  telah di salinnya keseluruh daerah dan memerintahkan agar semua bentuk lembaran mushhaf yang lain dibakar (At-Tibyan,1984:96).
Al-Mushhaf ditulis lima buah, empat buah dikirimkan ke daerah-daerah Islam supaya disalin kembali dan supaya dipedomani, satu buahdisimpan di Madinah untuk Khalifah Ustman sendiri dan mushhaf ini disebut mushhaf Al-Imam dan dikenal dengan mushhaf Ustmani.
Jadi langkah pengumpulan mushhaf ini merupakan salah satu langkah strategis yang dilakukan Khalifah Ustman bin Affan yakni dengan meneruskan jejak Khalifah pendahulunya untuk menyusun dan mengkodifikasikan ayat-ayat al-Qur an dalam sebuah mushhaf. Karena selama pemerintahan Ustman, banyak sekali bacaan dan versi al-Qur’an diberbagai wilayah kekuasaan Islam yang disesuai-kan dengan bahasa daerah masing-masing.  Dengan dibantu oleh Zaid bin Tsabit dan sahabat-sahabat yang lain, Khalifah berusaha menghimpun kembali ayat-ayat al-Qur an yang outentik berdasarkan salinan Kitab Suci yang terdapat pada SitiHafsah, salah seorang isteri Nabi yang telah dicek kembali oleh para ahli dan  huffadz  dari  berbagai  kabilah  yang  sebelumnya  telah  dikumpulkan.
Keinginan Khalifah Ustman agar kitab al-Qur’an tidak mempunyai banyak  versi bacaan dan bentuknya tercapai setelah kitab yang berdasarkan pada dialek masing-masing kabilah semua dibakar, dan yang tersisa hanya-lah mushhaf yang telah disesuaikan dengan naskah al-Qur’an aslinya. Hal tersebut sesuai dengan keinginan Nabi Muhammad SAW yangmenghendaki adanya penyusunan al-Qur’an secara standar.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa motif pengumpulan mushhaf oleh Khalifah Abu Bakar dan Khalifah Ustman berbeda.Pengumpulam mushhaf yang dilakukan oleh Khalifah Abu Bakar dikarenakan adanya kekhawatiran akan hilangnya 
Al-Qur‘an karena banyak huffadz yang meninggal karena peperangan, sedangkan motif Khalifah Ustman karena banyaknya perbedaan bacaan yang dikhawatir-kan timbul perbedaan (Said al-Qathani, 1994:118).
C  .  Akhir Masa Kepemimpinan Ustman bin Affan
Pemerintahan Ustman berlangsung selama 12 tahun. Pada masa awal pemerintahannya, beliau berhasil memerintahan Islam dengan baik sehingga Islam mengalami kemajuan dan kemakmuran dengan pesat. Namun pada paruh terakhir masa kekhalifahannya muncul perasaan tak puas dan kecewa umat Islam terhadapnya. Khalifah Ustman adalah pemimpin yang sangat sederhana, berhati lembut dan sangat shaleh, sehingga kepemimpinan beliau dimanfaatkan oleh sanak saudaranya dari keluarga besar Bani Umayah untuk menjadi pemimpin  di  daerah-daerah. Oleh karena itu, orang-orang menuduh Khalifah Ustman melakukan nepotisme, dengan mengatakan bahwa beliau menguntungkan sanak saudaranya Bani Umayyah, dengan jabatan tinggi dan kekayaannya. Mereka juga menuduh pejabat-pejabat Umayyah suka menindas dan menyalahkan harta baitul maal. Disamping itu Khalifah Utsman dituduh sebagai orang yang boros mengeluarkan belanja, dan kebanyakan diberikan kepada kaum kerabatnya sehingga  hampir  semuanya  menjadi  orang  kaya. Dalam kenyataannya, menurut  Mufradi (1997:62) satu persatu kepemimpinan di daerah-daerah  kekuasaan Islam diduduki  oleh keluarga  Khalifah  Ustman.  Adapun  pejabat-pejabat  yang  diangkat Ustman  antara  lain :
1. Abdullah bin Sa‘ad (saudara susuan Ustman) sebagai wali   
Mesir menggantikan  Amru bin  Ash.
2. Abdullah bin Amir bin Khuraiz sebagai wali Basrah menggantikan AbuMusa Al-Asyari.
3. Walid bin Uqbah bin Abi Muis (saudara susuan Ustman) sebagai wali Kufah menggantikan  Sa‘ad  bin  Abi  Waqos.
4. Marwan bin Hakam (keluarga Ustman ) sebagai sekretaris Khalifah Ustman.
Pengangkatan pejabat dikalangan keluarga oleh Khalifah Ustman telah menimbulkan protes keras di daerah dan menganggap Ustman telah melakukan nepotisme. Menurut Ali (1997:125), protes orang dengan tuduhan nepotisme tidaklah beralasan karena pribadi Ustman itu bersih. Pengangkatan kerabat oleh Ustman bukan tanpa pertimbangan. Hal ini ditunjukkan oleh jasa yang dibuatoleh Abdullah bin Sa‘ad dalam melawan pasukan Romawi di Afrika Utara dan juga keberhasilannya dalam mendirikan angkatan laut. Ini menunjukkan Abdullahbin Sa’ad adalah orang yang cerdas dan cakap, sehingga pantas menggantikan Amr ibn ‘Ash yang sudah lanjut usia. Hal lain ditunjukkan ketika diketahui Walid bin Uqbah melakukan pelanggaran berupa mabuk-mabukkan, ia dihukum cambuk dan diganti oleh Sa’id bin Ash. Hal tersebut tidak akan dilakukan oleh Ustman, kalau beliau hanya menginginkan kerabatnya duduk di pemerintahan.
Situasi politik diakhir masa pemerintahan Ustman benar-benar semakin mencekam bahkan usaha-usaha yang bertujuan baik untuk kemaslahatan umat disalah fahami dan melahirkan perlawanan dari masyarakat. Misalnya kodifikasi al-Qur’an  dengan tujuan  supaya  tidak  terjadi  kesimpang siuran  telah  mengundang  kecaman melebihi dari apa yang tidak diduga. Lawan-lawan politiknya menuduh Ustman bahwa ia sama sekali tidak punya otoritas untuk menetapkan edisi al-Qur’an yang ia bukukan. Mereka mendakwa Ustman secara tidak benar telah menggunakan kekuasaan  keagamaan  yang  tidak  dimilikinya.
Tentang tuduhan pemborosan uang negara antara lain pembangunan rumah mewah lengkap dengan peralatan untuk Ustman, istrinya dan anak-anaknya ditolak keras oleh Ustman. Demikian pula terhadap tuduhan keji tentang pemborosan dan korupsi uang negara untuk dibagi-bagikan pada saudara-nya. Tuduhan lain terhadap Ustman yaitu mengambil harta baitul maal adalah tidak benar, karena beliau dan keluarga hanya makan dari hasil gajinya saja. Semua tuduhan tersebut di bantah oleh Ustman sendiri:
“Ketika kendali pemerintahan dipercaya kepadaku, aku adalah pemilik unta dan kambing paling besar di Arab. Sekarang aku tidak mempunyai kambing Atau unta lagi, kecuali  dua ekor unta untuk menunaikan haji. Demi Allah tidak ada kota yang aku kenakan pajak di luar kemampuan penduduknya sehingga aku dapat disalahkan. Dan apapun yang telah aku ambil dari rakyat aku gunakan untuk kesejahteraan mereka sendiri .Penyebab utama dari semua protes terhadap Khalifah Ustman adalah diangkatnya Marwan ibnu Hakam, karena pada dasarnya dialah yangmenjalankan semua roda pemerintahan, sedangkan Ustman hanya menyandang gelar Khalifah.
Rasa tidak puas memuncak ketika pemberontak dari Kufah dan Basrahbertemu dan bergabung dengan pemberontak dari Mesir. Wakil-wakil mereka menuntut diangkatnya Muhammad Ibnu Abu Bakar sebagai Gubernur Mesir.Tuntutan dikabulkan dan mereka kembali. Akan tetapi di tengah perjalanan mereka menemukan surat yang dibawa oleh utusan khusus yang isinya bahwa wakil-wakil itu harus dibunuh ketika sampai di Mesir. Yang menulis surat tersebut menurut  mereka  adalah  Marwan ibn Hakam.
Mereka meminta Khalifah Ustman menyerahkan Marwan, tetapi ditolak oleh Khalifah. Ali bin Abi Tholib mencoba mendamaikan tapi pemberontak berhasil mengepung rumah Ustman dan membunuh Khalifah yang tua itu ketikamembaca al-Qur’an pada 35 H/17 Juni 656 M. Pembunuhan ini menimbulkan berbagai gejolak pada tahun-tahun berikutnya, sehingga bermula dari kejadian ini  dikenal sebutan al-bab al-maftukh (terbukanya pintu bagi perang saudara).
Menurut ahli sejarah berkebangsaan Jerman Mr. Welhausen “Pembunuhan Ustman yang bermotif politik itu lebih berpengaruh terhadap lembaran sejarah Islam dibandingkan dengan sejarah-sejarah Islam yang lainnya. Kesatuan umat Islam yang baru terbentuk oleh dua Khalifah pendahulunya mulai sirna dankeruwetan muncul di tengah-tengah umat Islam. Selanjutnya masyarakat Muslim terpecah menjadi dua golongan yaitu Umaiyah dan Hasyimiyah. Golongan Umaiyah menuntut pembalasan atas darah Ustman sepanjang pemerin-tahan Ali hingga terbentuknya Dinasti Umaiyah”.
Ibnu Saba’, nama lengkapnya Abdullah bin Saba’, adalah seorang Yahu-di dari Yaman yang masuk Islam. Ia merupakan provokator yang berada di balik pemberontakan terhadap Khalifah Ustman bin Affan. Ibnu Saba’ me-lakukan semuanya itu didasarkan motivasi dirinya untuk meruntuhkan dasar-dasar Islam yang telah dipegang teguh oleh umat Islam. Niatnya masuk Islam ha-nyalah sebagai kedok 
belaka untuk merongrong kewibawaan pemerintahan KhalifahUstman, sehingga muncullah kerusuhan yang terjadi di berbagai wilayah kekuasaan Islam di antaranya adalah Fustat (Kairo), Kufah, Basrah, dan Madinah. Selain faktor dari luar tersebut (provokasi dari Ibnu Saba’), dalam internal kekhalifahan Ustman bin Affan terdapat konfrontasi lama yang mencuat kembali. Permasalahan tersebut semata-mata berupa persaingan yang di antara Bani Hasyim dan Bani Umayyah.  Sedangkan Ustman sendiri merupakan salah satu anggota dari keluarga besar Bani Umayyah. Pada konteks sejarahnya, Bani Hasyim sejak dahulu berada di atas Bani Umayyah terutama pada masalah-masalah perpolitikan orang-orang Quraisy.

BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Khalifah Utsman adalah orang yang berhati mulia, sabar dan dermawan terutama untuk kepentingan jihad Islam. Usaha KhalifahUtsman dalammeluaskan wilayah Islam sangatlah banyak, diantaranya merebut daerahIskandariyah dan Khurosan sehingga muncullah suatu usaha untuk mem-buat armada laut.Hal lain  yang berhasil dilakukan oleh Khalifah Ustman dan  sangat  bermanfaat  bagi Umat sepanjang masa adalah menyusun Mushhaf al-Quran yang dikumpulkannya dari istri Nabi Muhammad SAW yaitu Siti Hafsah. Yang kemudian mengirimkannya agar di perbanyak ke berbagai daerah otonomnya.
Kelemahan beliau yang mengangkat beberapa kerabatnya, menurut ibnu Katsir ia mengutamakan ahli dan kerabatnya karena Allah, demi untukmenenangkan mereka dari kesenangan hidup di dunia.  Mungkin kecintaannya kepada mereka adalah di dalam pengutamaan yang langgeng, mengalahkan yang sirna, sebagaimana Nabi SAW. beliau memberi kepada suatu kaum dan tidak memberi pada yang lain. Beliau memberi kepada satu kaum, karena khawatir Allah menjerumuskan mereka kedalam neraka dan meninggalkan yang lain dengan harapan Allah akan menjadikan petunjuk dan iman didalam hati mereka.
Meski begitu dapat disimpulkan pula bahwa kepemimpinan  Khalifah Utsman sangat produktif. Banyak hal yang telah dicapai dengan gemilang dengan usia Utsman RA. yang sudah tua yakni 70 tahun di awal menjabat hingga 82 tahunketika beliau wafat. Betapa usia tak menyurutkan niat beliau untuk mengabdi demi tegaknya bendera  Islam di dunia.
B.  Kritik dan Saran
Kami menyadari dalam pembuatan makalah ini masih banyak kekurangan. Kami tetap berharap makalah ini tetap memeberikan manfaat bagi pembaca. Namun, saran dan kritik yang sifatnya membangun dengan tangan terbuka kami terima demi kesempurnaan dimasa akan datang.


DAFTAR PUSTAKA
Imam Munawwir,  Mengenal 30 Pendekar dan Pemikir Islam dari Masa Kemasa, PT Bina Ilmu. Surabaya, Cet. Kedua, 2006.
Wikipedia, Khalifah Utsman: Kenangan Sepanjang Masa, www.wikipedia.comwww.khalifah usaman bin afan/khalifah-usman-bin-affan.htmlSaputro Sandik, islam masa khulafaur rasyidin, www.scribd.comhttp://www.muslimdaily.net/khalifah usaman bin afan/menampik-tuduhan-nepotisme-dalam-pemerintahan-khalifah-utsman-bin-affan.htm

Posting Komentar

 
Top