0
DEPARTEMEN AGAMA
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI ANTASARI
PASCASARJANA
BANJARMASIN
Alamat: Jl. A.Yani Km. 4,5 Banjarmasin 70235, telp. (0511) 3250801

SILABUS
A.  IDENTITAS MATA KULIAH
1.      Mata Kuliah                 :  Kepemimpinan pada Lembaga Pendidikan Islam
2.      Program Studi              :  Pendidikan Agama Islam
3.      Bobot                           :  3 SKS
4.      Jumlah Pertemuan        :  16 (enam belas) kali
5.      Dosen Pengampu         :  Prof.Dr.H.Syaifuddin Sabda, M.Ag/Dr. Ahmad Juhaidi, M.Pd.

B.  TUJUAN
Mahasiswa dapat menganalisis permasalahan dalam pembelajaran PAI dari sudut pandang kepemimpinan;

C.  DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini menyajikan teori-teori kepemimpinan dalam hubungannya pendidikan.  Hal-hal yang menjadi penekanan pada mata kuliah ini adalah tentang peran kepala sekolah/madrasah dalam peningkatan kualitas proses pendidikan. Hal itu kemudian dijabarkan dalam topik-topik perkuliahan.

D.  Pendekatan Pembelajaran
1.        Pembelajaran kooperatif dan kontekstual
2.        Metode yang digunakan adalah  ceramah dan diskusi kelas serta blended  learning.
3.        Tugas  untuk mahasiswa adalah menyusun  book report dan makalah kelompok.
4.        Media   yang digunakan   LCD,  whiteboard, dan portal elearning.

E.   TOPIK BAHASAN
1.      Konsep Dasar Kepemimpinan (leadership)
2.      Konsep Kepemimpinan dalam Perspektif Normatif Ajaran Islam
3.      Konsep Kepemimpinan dalam Perspektif  Sosial budaya.
4.      Konsep Kepemimpinan dalam Perspektif  Politik dan  Kebjiakan Negara.
5.      Kualifikasi dan Kompetensi Pimpinan Lembaga Pendidikan Islam
6.      Pola pikir, Pola Prilaku, dan Emotional Needs Kepemimpinan
7.      Etika dan Norma Kepemimpinan Lembaga Pendidikan Islam
8.      Pola Kepemimpinan (Tradisional  dan Kontemporer).
9.      Model Kepemimpinan unggul (Extraordinary) bagi Lembaga Pendidikan.
10.  Kepemimpinan dan upaya Membangun kerjasama dan performance team (Team Work).
11.  Tugas dan Peran Pemimpin Lembaga Pendidikan Islam dalam  Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan
12.  Peran Pimpinan Lembaga Pendidikan Islam dalam Tatakelola Hubungan Masyarakat
13.  Pimpinan Lembaga Pendidikan Islam sebagai Agen  Perubahan
14.  Kepemimpinan Lembaga Pendidikan Islam pada Pesantren Tradisional
15.  Kepemimpinan Lembaga Pendidikan Islam pada Pesantren Modern
16.  Kepemimpinan Lembaga Pendidikan Islam pada Madrasah
17.  Kepemimpinan Lembaga Pendidikan Islam pada lembaga Skriptualis (gerakan sufis)
18.  Kepemimpinan Lembaga Pendidikan Islam pada Sekolah yang berciri khas Islam.
19.  Kepemimpinan Lembaga Pendidikan Islam pada Pendidikan Tinggi Islam.

F.   TUGAS DAN PENILAIAN
1.      Kehadiran: Setiap Mahasiswa  wajib menghadiri acara perkuliahan dalam bentuk tatap muka di kelas minimal sebanyak 75 % dari total seluruh kegiatan perkuliahan. Aktivitas kehadiran ini menjadi syarat untuk mengikuti ujian akhir semester bagi mahasiswa yang bersangkutan.
2.      Aktivitas partisipasi di kelas: mahaiswa diharapkan aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran di kelas, menyampaikan informasi, pemikiran, dan kritik atas topic-topik yang disajikan oleh mahasiswa atau dosen. Aktivitas ini dinilai dengan bobot 20 %.
3.      Penyajian makalah: setiap mahasiswa diwajibkan membuat dan menyajikan minimal satu makalah, sesuai topic bahasan yang telah ditetapkan. Penyajian makalah ini dinilai dengan bobot 30 %.
4.      Tugas dan/atau Ujian Akhir: setiap mahasiswa diwajibkan  membuat makalah akhir, dengan memperbaiki makalah yang disajikan sebelumnya atau dalam bentuk hasil jawaban atas tugas dan/atau soal take home yang diberikan pada akhir perkuliahan. Tugas ini dinilai dengan bobot 50 %.
NILAI AKHIR dirumuskan: 2 X Akt. + 3 X 2 Mklh. + 5 X TA
                                                 ----------------------------------------- = NA
                                                                         10

G.  REFERENSI
1.         Prans Mardi Hartanto, (2009). Paradigma Baru Manajemen Indonesia, Menciptakan Nilai dengan Bertumpu pada Kebajikan dan Potensi Insani, PT. Mizan Pustaka, Bandung.
2.         Syafi`I Antonio, Super Lider Super Manajer,
3.         Fred C. The Principalship, Lunenburg dan Beverly J. Irby
4.         Aderson, JE (1997) Public Policy Making, New York: Holt, Rine-Hart, and Wston Inc.
5.         Arcaro, Jerome S (2005) Pendidikan Berbasis Mutu, Yogyakarta, Pustaka Pelajar.
6.         Bastian Ar (2002) Reformasi Pendidikan, Yogyakarta: Lappera Pustaka Utama.
7.         Covey, SR (....) Kepemimpian Berkekuatan Prinsip, Jakarta: Penerbit Progress.
8.         Dunn, W.N (1981) Pengantar Analisis Kebijakan Publik, Jogyakarta: Gajah Mada University Press.

9.         Faustino Cardoso, Gomes, (1997) Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta, Andi Offset.

Posting Komentar

 
Top